Dua Balita tanpa ART? Beneran?

Memiliki 2 orang anak di usia balita tanpa ART memang menjadi tantangan tersendiri buat seorang ibu. Alhamdulillah Allah memberi rezeki anak kedua terbilang cepat yakni saat anak pertama saya, Maza berusia 8 bulan. Perasaan waktu itu, jujur merasa nggak siap karena masih merasa ngurus 1 anak aja masih kelimpungan apalagi 2.
Si kakak yang super duper aktif membuat saya yang dalam kondisi hamil saat itu merasa kelelahan dan sering telat makan karena kalau sudah ngantuk ya lebih memilih tidur dari pada makan huhuhu. Tapi yang patut disyukuri Alhamdulillah sejak awal hingga akhir kehamilan kondisi saya sehat wal afiat tanpa ada keluhan berarti, hanya saja berat badan adiknya ketika lahir termasuk kurang yaitu 2,46kg.
Ketika si adik lahir, ini merupakan babak baru bagi saya. Perasaan bahagia campur sedih menggelayuti hati. Bahagia karena bayi yang selama 9 bulan dalam perut akhirnya lahir, sedih karena secara langsung perhatian dengan si kakak akan berkurang. Si kakak yang saya khawatirkan akan rewel tanpa saya ternyata kebalikannya, mandiri banget. Ngeliat si kakak jadi mandiri terasa ada yang hilang gitu rasanya. Terlebih ketika si adik harus fototerapi selama 4 hari karena kuning dan selama 3 hari itu saya tidak bertemu Maza dengan alasan kasihan kalau Maza dibawa nginap ke RS dan saya pun belum pulih benar sehabis melahirkan. Jadilah 3 hari nggak ketemu dia, nangis deh hari ketiga karena kangen minta ampun rasanya.
Sejak hamil saya sudah berpikir gimana caranya agar bisa ngerjain aktivitas seperti biasa tanpa ART. Meskipun untuk urusan menyetrika saya lambaikan tangan ke kamera deh hehe... secara itu adalah pekerjaan rumah tangga paling berat menurut saya. Bukan apa, kalau nyetrika harus nunggu anak-anak tidur pastinya karena bahaya banget buat anak-anak (ah alasan aja) :D saya bersyukur sementara masih tinggal dengan mertua yang sigap banget bantuin. 2 minggu pasca melahirkan ibu mertua bantu nyuci pakaian kami, masakin ini itu, mandiin Maza dan lain-lain. Beruntung banget punya ibu mertua yang walaupun masih dinas tapi masih rela membantu kami. Setelah 2 minggu pasca melahirkan dan merasa kondisi sudah lumayan pulih, saya mencoba melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri. Sebenarnya saya emang nggak banyak melakukan pekerjaan rumah tangga, paling hanya mencuci, mandiin anak-anak, nyuci piring kalau pas anak-anak tidur, udah itu aja sebenarnya. Ibu mertua yang masak setiap hari, kalau nggak sempat ya kami beli.  Untuk urusan mengasuh anak, suami sangat membantu sekali karena berangkat kerja seringkali ba’da dzuhur jadi masih bisa bantuin saya pegang anak-anak.
Tantangan paling berasa saat kami hanya bertiga di rumah. Wah itu beneran mesti ekstra sabar karena kadang adik lagi mimik eh si kakak yang aktif banget lagi main lompat-lompat atau manjat dan sebagainya yang bikin jantung bundanya deg-deg serr. Nahan supaya nggak teriak atau marah saat si kakak mainan yang nyerempet bahaya. Maklum si kakak ini udah nggak kehitung udah baerapa kali kejedot dinding dan lantai, di rumah juga lagi hobby banget lari padahal kadang ada tetesan air yang bisa bikin dia kepeleset. Salah satu cara yang saya lakukan supaya nggak teriak ke Maza biasanya diam sejenak atau pura-pura tidur, tarik nafas dalam-dalam, pokoknya memilih untuk tidak bereaksi selama beberapa menit. Ini adalah satu cara jitu untuk menenangkan diri karena saya sangat pencemas . Cuma bertiga di rumah saya anggap sebagai latihan kalau nanti sudah tinggal di rumah sendiri. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Harus CLODI?

Kita Bukan Berkompetisi dengan Orang Lain Tapi Kita Berkompetisi Dengan Waktu